Bir Jawa yang Segar dan tidak Memabukkan

Bir biasanya emmang identik dengan minuman yang memabukkan, tapi hal itu tidak berlaku untuk Bir Jawa, Bir Jawa memang tidak memabukkan namun justru menyehatkan. Bir Jawa adalah minuman khas kabupaten kendal. Bir ini tidak memabukkan karena memang terbuat dari rempah-rempah.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjww45-0HiD04R0hsctm-6n8FUsNpvoef0VOZx_eKlYVxPDoYpNBlV-l8lkIPAKMwG5iaCWc_BVFYHx0ni5zloYI5V-ZntHaKkZiIENZk0t9xndLQ2s4k2f7oUycvHCxtX8RlnfZWXCjtY/s1600/bir+jawa.jpg
Bir jawa yang sangat segar dan nikmat (gambar dari Kompas)

Bahan yang digunakan adalah jahe, serutan batang secang, manis jangan, bunga cengkeh, kapulaga, daun serai, daun pandan, jeruk nipis dan gula pasir. Lalu–kecuali jeruk nipis dan gula–semua bahan tersebut direbus dengan air. setelah itu barulah ditambahkan gula dan kemudian disaring.

Agar tampilanya menyerupai Bir sesungguhnya, sebelum disajikan minumanini dikocok dulu agar menimbulkan buih, buih bir ini sanggup bertahan selama 5 jam lho. Minuman ini rasanya sangat segar bila disajikan dalam keadaan dingin, nmun juga nikmat dinikmati saat hangat karena bisa menghangatkan tubuh dan juga menyehatkan.

1 komentar: